Aurel Amalia
Aurel Amalia › Pictures, Video

on Thursday 26 November 2015

SLJ900/32, Mesin Raksasa Kontruksi Jembatan


The SLJ900/32 – a 580 ton Monster Bridge Building Machine


Perusahan Beijing Wanqiao Xingye Machinery Limited Company membuat kendaraan SLJ900/32. Mampu membawa beban seluruhnya 900 ton, kendaraan ini memiliki panjang 91,44 meter dan lebar 5 meter. Untuk apa kendaraan tersebut? Ternyata untuk memasang jembatan dan jauh lebih cepat dibanding pemasangan jembatan dengan derek.

Pembangunan jalan di China membutuhkan banyak jembatan untuk melintas di daerah perbukitan. Karena banyak jalan layang dibuat, dibutuhkan alat untuk kecepatan pemasangan beton jembatan.

Mesin SLJ900/32 mampu mengangkat dirinnya sendiri, dan mengangkat sambungan beton jalan untuk jalan layang. Tinggal diangkat, lalu ditelakan diatas tiang penyangga. Selanjutnya mesin SLJ900/32 mengambil beton lain dan memasang kembali. 


Selama bekerja, rata rata mesin ini mampu membawa 730 tiang penyanggah jembatan. Setidaknya memiliki umur kerja selama 4 tahun untuk konstruksi.

Tidak perlu crane besar, tidak merusak tanah atau bangunan milik penduduk di sekitar. Cukup satu kendaraan untuk membawa sambungan beton jembatan

Pertama kendaraan yang membawa muatan beton mendekati sisi akhir jembatan, lalu dipasang tiang penyangga, dan mesin mendorong sampai ke ujung jembatan.

Sampai di ujung jembatan, tiang penyangga besar dipindah dari tengah kendaraan ke ujung kendaraan. Selesai barulah beton sambungan jembatan di letakan. Selanjutnya kendaraan kembali mengambil beton sambungan baru.









(Sumber : kaskus.co.id)