Pratama
Pratama › Teknologi

on Sunday, 29 November 2015

Kamu Akan Terkejut Setelah Mengetahui Ada Apa di Balik Hutan Norwegia Ini!


Ketika kamu melihat gambar di atas, apa yang kamu pikirkan? Kelihatannya, hanya sebuah bangunan kecil di pinggir teluk, dikelilingi pegunungan, serta hutan rimbun. Ternyata, tempat tersebut merupakan bekas bunker NATO pada masa Perang Dunia, loh! Hebatnya lagi, tempat tersebut saat ini menjadi fasilitas data center paling ramah lingkungan di dunia, yang bernama Green Mountain Data Centre.


Green Mountain merupakan data center alias pusat data paling ramah lingkungan di dunia. Predikat tersebut diberikan karena tempat ini menggunakan energi terbarukan, memanfaatkan energi alami, serta meminimalkan tingkat emisi dan polusi udara. Hal ini tidak lepas dari peran Schneider Electric, sebagai penyedia berbagai perangkat infrastruktur yang terdapat di Green Mountain.


Bagi sebuah fasilitas pusat data, sistem pendingin udara sangatlah penting. Fungsinya untuk menjaga suhu pada perangkat server tetap terjaga, serta tidak mengalami overheat yang dapat menyebabkan kerusakan fatal. Green Mountain dan Schneider Electric juga memanfaatkan aliran air dari teluk dekat tempat tersebut untuk menghasilkan energi listrik. Wow! Ramah lingkungan banget ya teknologi ini? Hemat energi pula!


Schneider Electric merupakan perusahaan elektronik multinasional yang berpusat di Perancis. Perusahaan ini memiliki banyak produk elektronik, baik yang berskala industri maupun rumahan. Misalnya MCB, panel listrik, trafo, saklar, serta berbagai komponen elektronik lain.


Saat ini, Schneider Electric juga mengembangkan system automation dan energy monitoring dalam produknya. Hal ini sesuai dengan kampanye terbaru mereka yang bertajuk Life is On. Lewat kampanye ini, Schneider Electric berupaya sebaik mungkin memanfaatkan energi secara maksimal, namun dengan efisiensi tinggi.

Nah, energi tersebut sangat aman bagi lingkungan hidup, sehingga dapat dinikmati oleh anak dan cucu kita kelak. Kampanye yang dijalankan Schneider Electric ini juga didukung oleh konsep Internet of Things (IoT) yang pengoperasiannya dilakukan melalui perangkat mobile, baik smartphone maupun tablet. Yuk, masuk ke sini untuk mengenal lebih jauh apa itu IoT!


Ternyata keren banget ya hasil kerja sama antara Green Mountain Data Centre dan Schneider Electric ini? Mereka berhasil memanfaatkan teknologi canggih, namun tetap ramah lingkungan dan menggunakan energi terbarukan. Semoga perusahaan teknologi di Indonesia juga ikut terinspirasi ya!


Kalau kamu punya info lain seputar energi ramah lingkungan, atau mengenai Green Mountain dan Schneider Electric, silakan tulis pendapat kamu pada kolom comment di bawah ini.

Jangan lupa juga untuk mempelajari apa saja yang dilakukan Schneider Electric bagi kemajuan teknologi dan manfaatnya di masa mendatang lewat video ini!


(Sumber)